Senin, 06 Juni 2011

Tugas Kecil Tekom II

Tugas Kecil TEKOM yang lain adalah membuat artikel


Purwoningsih/ B/ 21040110120062

Geologi dan Permasalahan Lingkungan
Banyak tempat dimuka bumi saat ini kondisi lingkungannya sangat buruk dan sebagian besar dalam kondisi kritis. Diantaranya pemanfaat sumber daya alam di lingkungan yang kini tidak diperhatikan lagi kelestariannya. Sumber daya alam yang ada di dalam lingkungan suatau wilayah, dipakai secara tidak bertanggung jawab. Hal ini tentu saja akan menyebabkan rusaknya tata guna lahan di berbagai wilayah. Permasalahan lingkungan yang terjadi saat ini, dapat menyebabkan penurunan kualitas lingkungan atau perubahan tataguna lahan dimana struktur tanah dan system hidrologi berubah, serta dapat menyebabkan degradasi lingkungan.
Pemakaian sumber daya alam secara besar – besaran dapat disebabkan oleh peningkatan jumlah manusia. Dengan meningkatnya jumlah manusia yang ada dibumi, maka akan meningkat pula kebutuhan sumber daya alam yang diperlukan umat manusia untuk memenuhi kebituhan sehari – hari. Sebagaimana diketahui bahwa sumber daya alam yang ada disuatu wilayah jumlahnya sangat terbatas dan tidak selalu dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut. Contohnya saja suatu kota yang sangat padat penduduknya seperti DKI Jakarta, tidak mampu menyediakan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya sehingga sumber daya seperti sumberdaya air, sumber daya mineral sebagai bahan bangunan harus dipasok dari daerah lain.
Masalah degradasi lingkungan yang diakibatkan eksploitasi sumberdaya alam yang berlebihan dan masalah ketersediaan dan kebutuhan sumberdaya alam bagi manusia seperti yang telah diuraikan diatas, merupakan persoalan yang menjadi perhatian ilmu geologi khususnya geologi lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar